Friday, February 12, 2016

Wisata Bersejarah Goa Gajah Di Bali

  Friday, February 12, 2016
Wisata Bersejarah  Goa Gajah  Di Bali


Pura Goa Gajah berlokasi di sebelah barat dari desa bedulu dan kira kira 6 km dari ubud. Disana terdapat pura dan goa juga air suci. Estimologi dari goa gajah di ambil dari kata Lwa Gajah, sebuah nama yang ditulis oleh Mpu Prapanca di dalam Lontar Negara Kertagama tahun 1365 sesudah masehi. Di dalam goa terdapat patung ganesha sebagai symbol dari ilmu pengetahuan. Di dalam tembok tembok gua terdapat tempat untuk para pertapa untuk bermeditasi. Bersumber pada tulisan pada tembok mulut timur goa, kata Kumon dan Sahyangsa di prediksikan bahwa goa gajah di dirikan pada abad ke 11. jika dilihat dari susunan artifak artifaknya pada pura goa gajah di simpulkan bahwa pura goa gajah adalah pura hindu. ( Lingga, aliran air, dengan patung malaikat ) dan juga patung budha, juga mencerminkan bahwa goa Gajah merupakan peninggalan siwa budha.

Masuk ke dalam Goa, anda akan mendapati suasana hening dan tenang, dengan lampu agak redup yang menyinari seluruh isi Goa. Di Sisi-sisi Goa terdapat Ceruk (Lubang berbentuk kotak seperti tempat duduk) yang dulu digunakan sebagai tempat dimana para Rsi atau budha melakukan tapa dan samadhi. Namun saat ini anda para wisatawan dapat duduk disana sambil mengabadikannya dalam foto. Di dalam goa ini berbentuk huruf T, dimana di bagian kiri terdapat 3 buah lingga dan di bagian kanan terdapat Patung/arca Ganesha (Anak dewa siva, dengan bentuk tubuh berbadan manusia berkepala gajah).

Di depan areal Goa ini terdapat 7 buah patung bersejarah, 6 dari 7 patung ini memancurkan air ke dalam sebuah kolam. Untuk dapat melihatnya secara lebih dekat, anda harus menuruni beberapa anak tangga. Ke tujuh patung ini disebut sebagai jelmaan widayadari dan widyadara. Posisi ketujuh patung ini terletak sangat simetris, dimana 3 buah patung widyadari terletak di sisi kanan dan kiri patung widyadara. Atau bisa dibilang patung widyadara terletak di tengah-tengah diantara patung widyadari.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar