Tuesday, February 9, 2016

Wisata Anti Nikotin di Kampung Bone-Bone

  Tuesday, February 9, 2016
Wisata Anti Nikotin di Kampung Bone-Bone


Wisata Anti Nikotin di Kampung Bone-Bone merupakan sebuah dusun terpencil yang terletak di lereng Gunung Latimojong di ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut. Kampung ini dihuni kurang lebih 540 jiwa yang  terdiri dari 80 kepala keluarga dengan menempati rumah-rumah panggung.

Kampung ini sangat terkenal sebagai dusun anti-nikotin  di  Kabupaten  Enrekang. Para

wisatawan asing yang akan berkunjung ke Tana Toraja sering menyempatkan diri mampir untuk melihatnya.

Wisata Anti Nikotin di Kampung Bone-Bone mempunyai “Peraturan Dusun (Perdus)” anti-nikotin yang ditetapkan sejak tahun 2001. Sejak itu pula, kampung ini menjadi ikon Kabupaten Enrekang dalam hal kampanye anti-nikotin. Uniknya, meskipun Perdus tersebut hanya disepakati secara lisan (tidak ada yang tertulis) dan juga tidak ada sanksi bagi warga yang melanggarnya, namun seluruh warga kampung Bone-Bone tetap menaatinya sampai sekarang. Semua ini muncul dari kesadaran mereka tentang akibat buruk dari merokok. Bahkan, mereka menganggap bahwa merokok adalah perbuatan yang tabu.


Anti Nikotin Di Kampung Bone-Bone


Menariknya lagi, Perdus tersebut tidak hanya berlaku bagi warga Kampung Bone- Bone, tetapi juga bagi para pengunjung. Jika ada pengunjung yang ingin merokok, mereka harus melakukannya di luar dusun. Sejak diberlakukannya Perdus tersebut, kampung yang berhawa dingin dan sering tersaput kabut ini hawanya semakin segar dan bersih, karena bebas dari asap rokok. Selain itu, seluruh warga merasa lebih sehat kuat bekerja dan prestasi anak laki-laki di SD 159 Bone-Bone yang sebelumnya buruk, kini mengalami peningkatan, bahkan di antara mereka banyak yang melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi.

Selain dikenal sebagai kampung anti-nikotin, bersih dan ramah lingkungan, Dusun Bone-Bone juga dikenal sebagai daerah percontohan bagi penegakan syariat Islam. Hal ini terlihat dalam kehidupan sehari-hari, para ibu dan anak perempuan hampir seluruhnya mengenakan busana Muslim dan menutup aurat. Anak-anak yang  sedang bermain pun berkelompok dengan sesama jenisnya. Ketika azan di masjid dikumandangkan, seluruh warga sejenak menghentikan seluruh aktivitas mereka untuk menunaikan ibadah shalat secara berjamaah.

Wisata Anti Nikotin di Kampung Bone-Bone termasuk ke dalam wilayah Desa Pepandingan, Kecamatan Baraka,  Kabupaten Enrekang.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar