Tuesday, February 9, 2016

Wisata Alam Ke Gunung Nona

  Tuesday, February 9, 2016
Wisata Alam Ke Gunung Nona

Merupakan  salah  satu obyek wisata yang sangat terkenal di Kabupaten Enrekang. Kabobong dalam bahasa setempat berarti erotik. Menurut para geolog, struktur batuan gunung ini terdiri dari batu pasir yang merupakan dasar laut yang  terangkat melalui proses yang cukup panjang sehingga terbentuklah gunung ini.

Gunung   Buttu   Kabobong   menjadi   menarik dan terkenal karena bentuknya yang sangat unik, yaitu menyerupai alat kelamin perempuan. Oleh karenanya, banyak orang menyebutnya Gunung Nona. Bentuknya yang unik tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan ingin menyaksikannya secara langsung. Selain dari jarak dekat, gunung ini juga dapat disaksikan dari pinggir jalan raya saat menuju Kota Enrekang dari arah Kota Makassar.




Gunung Buttu Kabobong terletak di Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang.

Saat ini Obyek wisata alam menjadi fenomena baru dalam dunia pariwisata kita, termasuk legenda-legenda jaman dahulu yang dipercaya dapat menjadi potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi,seperti pegunungan Tangkuban Perahu di Jawa Barat, sebongkah batu dipinggir pantai berwujud manusia sebagai sosok Malin Kundang di Padang, Sumatera Barat. Batu besar berbentuk kemaluan laki-laki dan batu berbentuk kemaluan perempuan di Kepulauan Riau, juga Gunung Buttu Kabobong yang ada di Enrekang, Sulawesi Selatan yang menyerupai kemaluan perempuan.

Akses

Desa Bambapuang terletak sekitar 253 dari Kota Makassar, atau sekitar 18 km dari Kota Enrekang. Perjalanan dari Kota  Makassar ke Kota Enrekang dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua selama 4-5 jam. Sedangkan perjalanan dari Kota Enrekang menuju lokasi wisata dapat ditempuh selama 20 menit.

Akomodasi dan Fasilitas

Di sekitar lokasi, tersedia warung-warung yang menyediakan berbagai macam minuman ringan dan juga sebagai tempat  istirahat.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar