Tuesday, February 9, 2016

Wisata Misteri Kuburan Londo | Tanah Toraja

  Tuesday, February 9, 2016
Wisata Misteri Kuburan Londo | Tanah Toraja
  
Londa adalah kuburan yang berupa gua alam. Gua ini memiliki kedalaman sekitar 1000  meter, gelap, di beberapa tempat naik turun cukup terjal, dan sebagian hanya memiliki ketinggian sekitar 1 meter sehingga  orang harus membungkuk melewatinya. Di dalam gua terdapat ratusan tengkorak dan ribuan tulang belulang yang sebagian sudah berumur ratusan tahun. Banyak juga peti-peti mati yang masih baru. Udara di dalam gua terasa sejuk, tidak pengap  ataupun  berbau  meskipun  di    dalam onda terletak di desa Sendan Uai, kecamatan Sanggalai, berjarak sekitar 7 kilometer di sebelah selatan kota Rantepao, Ibukota Kabupaten Tana Toraja 

Seperti kuburan gua sebelumnya di Tampang Allo, suasana tidak jauh berbeda. Hanya saja di Londa tanah lebih lembab dan suasana gelap membuat kawasan ini begitu mencekam. Di sini, setiap lorong gua yang sempit terhampar begitu banyak tengkorak dan tulang belulang. Rasanya, jika ada yang berkunjung ke Toraja, Londa adalah lokasi wajib untuk dikunjungi.

Kuburan Londa

Desa Sandan Uai, Kec. Sanggalangi
6 km Selatan Rantepao, Toraja Utara
Angkutan umum Rantepao – Jur Makale Rp 3,000
Ojek menuju Londa Rp 5,000

  • Wisatawan Lokal: Rp 5,000/orang
  • Wisatawan Asing: Rp 10,000/orang
  • Sewa Lampu: Rp 25,000/lampu (termasuk pembawa yang merangkap pemandu)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar