Thursday, February 11, 2016

Wisata Alam Gua Putri dan Misteri Batu Putri

  Thursday, February 11, 2016
Wisata Alam Gua Putri dan Misteri Batu Putri memiliki panjang lebih kurang 159 meter, lebar antara 8-20 meter dan tingginya sekitar 20 meter. Di tengah-tengah gua mengalir anak sungai yang bermuara di sungai Ogan. Objek wisata ini baik sekali untuk para wisatawan atau pencinta alam. Di dalam gua banyak terdapat Stalagtit dan Stalagmit yang berusia ratusan tahun. Gua Putri terletak di Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu). Objek wisata ini dapat dicapai dari Kota Baturaja atau melalui Muara Enim dengan menggunakan kendaraan pribadi atau carteran. Jarak dari Kota Baturaja atau Muara Enim ke lokasi Gua Putri sekitar 35 Km.


Gua Putri

Lokasi dan Akomodasi

Wisata Alam Gua Putri dan Misteri Batu Putri  ini berada di kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), lebih tepatnya berada di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji atau sekitar 35 km dari kota baturaja dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. anda bisa memilih beberapa alternatif transportasi bisa menggunakan kendaraan pribadi, bisa juga menggunakan kendaraan umum. dari Palembang dan menggunakan kendaraan pribadi, anda akan menempuh jarak sekitar 230 km dan memakan waktu 5 jam perjalanan melewati jalan lintas Sumatera

Apabila anda ingin menggunakan kendaraan umum, disini tersedia beberapa alternatif kendaraan umum yang melayani rute Palembang-Baturaja. Diantaranya adalah Bus AKDP(Antar kota dalam provinsi) dan travel rute Palembang-Baturaja atau bisa juga menggunakan travel yang melintas di daerah Baturaja. 

Jika anda menggunakan Bus AKDP anda bisa naik dari terminal-terminal yang ada di Palembang. Di terminal-terminal ini terdapat cukup banyak Bus AKDP yang tersedia dengan berbagai macam merk bus. Biaya ongkos dari bus AKDP ini beragam, tergantung dari kenyamanan dan fasilitas yang disediakan oleh armada-armada bus AKDP ini, biasanya sekitar Rp. 30000-Rp. 100000. 

Jika anda menggunakan jasa travel, anda bisa menggunakan jasa-jasa travel yang tersedia di kota Palembang ini. Disini tersedia beberapa jenis travel, diantaranya travel resmi yang pool nya berada disekitaran jalan sayangan Palembang, tak jauh dari Masjid Agung, biaya travel ke Baturaja, berkisar antara Rp. 45000-Rp.60000 

Untuk rute menuju gua puteri jika anda dari Baturaja adalah dengan mengikuti jalan lintas timur yang menuju ke Muara Enim. Jika anda sudah dekat, anda akan melihat penunjuk jalan yang menunjukkan letak Gua Puteri. Di jalan masuk kearah Gua Putri, terdapat sebuah jembatan besi di atas Sungai Ogan dan ada papan yang bertuliskan Objek Wisata Gua Putri. 

Jika menggunakan angkutan umum, anda bisa menggunakan angkutan kota (angkot) dari terminal batu kuning, angkot ini akan menyusuri jalan menuju ke arah desa atau didaerah sumatera lebih populer disebut dengan dusun. Lalu anda tinggal mencari angkot jurusan/rute dusun ini. Biaya ongkos angkot jurusan dusun ini Rp. 5000 per orang. 

Batu unik itu saat ini sudah mulai ditumbuhi oleh rerumputan yang seolah-olah menutupi bentuk asli dari Batu tersebut, sebuah batu unik yang sering disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Batu Putri. Menurut cerita sejarahnya, 


Wisata Gua Putri


Sejarah Singkat Batu Putri

Batu Putri ini adalah jelmaan dari seorang Putri yang bernama Putri Berlian, yang konon menurut cerita-cerita dari masyarakat sekitar, sang putri tersebut berubah menjadi seonggok batu akibat sumpah dari seseorang yang amat sakti, yag disebut sebagai Si Pahit Lidah. 

Karena adanya legenda tersebut, maka dari itulah Gua ini dinamakan sebagai Gua Putri. Wisata Untuk masuk ke gua ini, tidak dikenakan tarif khusus, melainkan sukarela dari pengunjung, jadi bisa dikatakan sangat murah untuk mengunjungi gua ini. Gua putri ini memiliki panjang hingga lebih kurang 159 meter dengan lebar Gua antara 8 hingga 20 meter , dan tingginya kurang lebih sekitar 20 meter. 

Didalam Gua putri ini banyak terdapat Stalagtit dan Stalagmit yang telah berusia ratusan tahun dengan ujung yang runcing-runcing. Namun di Beberapa Bagian Gua terdapat beberapa Batu Lebar dimana Anda bisa duduk bersantai dan Istirahat sambil menikmati Suasana di dalam Gua yang sangat jarang bisa anda temui.

Ditengah-tengah Gua putri ini mengalir sebuah anak sungai yang bermuara langsung tepat ke Sungai Ogan. Dan satu lagi, sebelum anda keluar dar Gua putri ini jangan lupa untuk mencuci muka anda di Kolam Pangeran Dayang Merindu

Penduduk desa setempat percaya, bahwa jika mereka membasuh wajah di Kolam Pangeran Dayang Merindu tersebut sambil Berdoa maka doanya akan terkabul. Saat ini, gua ini sudah memilki fasilitas yang memadai, dilengkapi dengan adanya cottage untuk anda bersantai, museum yang menyimpan temuan-temuan di sekitar gua putri, panggung kesenian, aula, mushola, toilet, dan fasilitas lain yang akan membuat wisata anda lebih nyaman. 

Tips berkunjung ke Gua Putri :

  • Bawalah perbekalan berupa makanan atau minuman, walaupun sudah ada penjual makanan disini, tapi harga yang di tawarkan di tempat objek wisata identik dengan mahal.
  • Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, bawalah sopir yang mahir mengemudi karena jalan lintas yang menuju ke Baturaja dan Gua Puteri berkelok-kelok dan banyak jalan menanjak serta menurun. Terutama dari Baturaja menuju Gua Puteri yang memiliki jalan sempit.
  • Bawalah senter agar anda bisa melihat dengan baik di gua, selain itu juga menghemat biaya penyewaan senter.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar