Tuesday, February 9, 2016

Taman Nasional Laut Taka Bonerate

  Tuesday, February 9, 2016

Taman Nasional Laut Taka Bonerate

Termasuk salah satu Kawasan Pelestarian Alam di kawasan Indonesia Timur berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 280/Kpts-II/1992 tanggal 26 Februari 1992. Upaya pengelolaan kawasan ini dimaksudkan untuk melestarikan sumber daya hayati dan ekosistem yang ada di dalamnya,   seperti   keanekaragaman    jenis flora  dan fauna yang sangat mengagumkan.

Taman nasional seluas 530.765 hektar ini terdiri dari gugusan pulau-pulau karang  dan terumbu. Di kawasan ini terdapat sekitar 21 pulau, 6 buah di antaranya dihuni oleh penduduk sebanyak kurang lebih 5.101 jiwa. Secara topografi, sebagian besar pulau tersebut merupakan atol (pulau karang yang berbentuk lingkaran) dengan konfigurasi pasir putih. Atol tersebut dikelilingi oleh air laut berwarna biru pekat yang merupakan perairan yang cukup dalam (± 1.500 meter) dan terjal. Pada saat air surut terendah, bagian permukaan terumbu tampak seperti daratan yang membentuk kolam-kolam kecil yang digenangi air. Temperatur udara di kawasan ini berkisar antara 28,5 – 32oC, dan waktu kunjungan yang paling baik adalah pada bulan April s/d Juni dan Oktober s/d Desember.

Taman Nasional Laut Taka Bonerate seluas 220.000 hektar merupakan karang atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Moldiva. Taman Nasional Laut Taka Bonerate sangat cocok untuk berenang, berjemur (sunbathing), memancing (fishing), berperahu (sailing) dan snorkling. Selain itu, kawasan ini juga

sangat cocok untuk menyelam (diving), sehingga pengunjung dapat menikmati panorama alam bawah laut yang sangat mempesona. Di alam bawah laut tersebut, pengunjung juga dapat menyaksikan ratusan jenis terumbu karang yang indah dan relatif masih utuh, dan beraneka ragam biota laut, di antaranya: jenis ikan karang dan ikan konsumsi (kerapu, tenggiri, cakalang, dll); jenis moluska dari klas Gastropoda (lola, kerang kepala kambing, triton); jenis klas bivalva (kima, kerang mutiara, cumi-cumi, dan gurita); jenis penyu (penyu hijau, penyu sisik, penyu tempayam, dan penyu lekang); dan jenis echinodermata (teripang, bintang laut, lili laut, dan bulu babi).

Selain keindahan alam bawah laut, pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai jenis flora yang tumbuh hijau di sepanjang pantai, seperti tumbuhan kelapa, pandan laut, cemara laut, ketapang, dan waru laut. Di sore hari, terdapat pemandangan  yang sangat indah yang sayang untuk dilewatkan, yaitu detik-detik tenggelamnya matahari (sunset). Di samping itu, taman nasional ini juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian, pendidikan, dan pembudidayaan.

Secara administratif, Taman Nasional Laut Taka Bonerate terletak di 2 (dua) wilayah  kecamatan, yaitu: Kecamatan Pasimaranu dan Kecamatan Pasimasunggu, Kabupaten Selayar.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar