Friday, February 12, 2016

6 Desa Di Bali yang terkenal dengan Kerajinan dan Seninya

  Friday, February 12, 2016

Desa Celuk 



Citra yang paling menonjol tentang desa Celuk adalah sebuah desa obyek wisata kerajinan emas perak. Desa yang terletak di Kecamatan Sukawati, dengan lokasi desa yang sangat strategis sekitar 10 km ke arah timur laut dari Denpasar, desa Celuk berada dalam jaringan desa- desa pengerajin yaitu desa Batubulan, desa Batuan, desa Mas.

Hasil kerajinan emas dan perak yanag dihasilkan di desa Celuk memiliki kualitas yang bermutu tinggi serta mampu memproduksi dalam kuantitas yang besar. Hampir semua keluarga dan penduduk desa Celuk terampil dan seni dalam mengembangkan kreasi desain dan variasi terkait dengan kerajinan emas dan perak dimana hasil produksinya telah memasuki pasar lokal, nasional dan international. Beragam jenis kreasi dan variasi perhiasan, baik sebagai cendramata maupun komoditi ekspor diproduksi di desa ini seperti cincin, gelang, kalung, anting-anting, giwang, bross dan berbagai jenis perhiasan lainnya.
Sebagai desa obyek wisata, Celuk dapat dikunjungi setiap hari untuk melihat dari dekat para seniman yang sedang berkreasi membuat perhiasan emas dan perak yang bermutu tinggi. Di sini kita juga bisa membeli langsung perhiasan-perhiasan di etalase yang dipajang langsung di workshop para seniman.
Prapen, sebuah tempat yang berlokasi di Celuk juga, menyediakan kerajinan emas dan perak dengan design lebih dan kualitas yang terjamin. ali!

Desa Belega

 



Desa Belega terletak di kecamatan Blahbatuh dan terkenal dengan kerajinan bambunya yang dimulai dari kurun waktu 70an. Bamboo yang terkenal di desa ini adalah bamboo tutul. Sekarang, desa belega masih tetap dengan predikatnya dengan menjadi nomor satu untuk kerajinan bamboo. Seluruh desa juga menekuni kerajerbinan ini dan sangat direkomendasikan untuk memilih kerajinan bamboo desa belega karena diolah oleh tangan tangan kreatif yang sudah berpengalaman membuat bamboo menjadi kerajinan yang anti rayap, ramah lingkungan dan pastinya cantik dipandang. Barang barang di jual berkisar dari harga puluhan ribu ( barang barang kecil hiasan meja )sampai harga puluhan juta. Buka dari jam 10:00 sd 17:00 .


Desa Bona

 



Menyebut desa Bona, mungkin akan teringat dengan tarian Kecak yang popular. Sebelum menjadi ikon dari berbagai tempat di daerah Ubud atau Uluwatu dan daerah lain, kecak tertua salah satunya berkembang di Bona. Setelah era tahun 1980 an, Kecak Bona yang disebut dengan dengan Cak Siu ( perumpamaan – ditarikan oleh seribu orang- karena saking banyaknya penari yang ikut) mulai tergerus jaman. Para pakar tari tsb mengajar di daerah Ubud dan daerah lain dan akhirn ya menjadikan tarian itu menjadi lebih terkenal dibandingkan sebelumnya. Walau tidak ditarikan setiap hari di Bona, tarian ini dapat disaksikan kemagisannya dengan memesan terlebih dahulu. Untuk group, biasanya group sekeha kecak di desa tsb masih menarikan kecak tsb dengan tariff tertentu. Event besar seperti Kuta carnival masih mementaskan tarian legenda ini.

Selain kecak, Bona adalah juga menjadi sentral dari kerajinan daun lontar yang terkenal. Daun tsb bisa dibentuk untuk tas, topi ataupun sandal. Bentuk bentuk yang diinginkan customer bermacam macam dan bisa mengorder sesuai keinginan. Kerajinan ini sudah dimulai dari tahun 50an dan menjadi sumber mata pencaharian warganya. Para perajin terpusat diberbagai pelosok desa dan pengepulnya membuka toko dipinggir jalan utama desa tsb. Salah satu toko keyang ada disana bernama Lontar bali dan menjual berbagai pilihan dari wedding gift sampai kerajinan alat bersembahyang yang awet seperti besek dan berbagai pilihan tas. Harga harga yang sangat terjangkau membuat para pemilik toko di Denpasar ataupun Kuta mencari barang dagangan di desa ini.

Selain barang kerajinan lontar, bona juga mempunyai kerajinan tenun cantik yang mulai berkembang dari tahun 80an. Kain kain ini tersedia dalam beberapa jenis dan isa langsung dibeli perhelai. Per helai harga bisa mencapai 250 ribuan ke atas. Aapabila ingin membeli dalam jumlah besar, kita bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah. Ada minimal orderan otif dan yaitu sebanyak 75 meter. Jadi, kita bisa memesan motif dan warna sesuai selera. Seperti di bidang kerajinan lontar, pengerajin kain tenun ini menyebar dan merupakan binaan dari pengerajin tenun besar. Pengerajin tenun Anta kusuma yang diprakarsai oleh Bapak Gusti Raka adalah salah satu dari dua yang ada dan sudah berpengalaman membuat motif motif sulit seperti Ramayana atau motif pewayangan lain. Motif yang umum adalah motif bunga atau patra dengan warna warna indigo yang indah. Biasanya Pak Gusti memamerkan kainnya pas ada Pesta Kesenian Bali. Untuk di note saja, harga yang ditawarkan pada saat PKB lebih mahal dari harga yang biasa ditawarkan apabila kita mampir langsung ke desa Bona.

Desa Sebatu



Desa Sebatu merupakan desa yang namanya terkenal ditelinga para pengusaha kerajinan karena salah satu dari tempat produksi masal kerajinan kayu terkonsentrasi di desa ini.

Apabila kita berangkat dari arah Denpasar menuju arah Kintamani, dengan mudah kita akan mendapati berbagai jenis kerajinan kayu yang sudah dimodifikasi menjadi berbagai kerajinan di pajang dipinggir pinggir jalan. Selain kerajinan kayu, Sebatu juga
memproduksi barang barang untuk bersembahyang orang Hindu Bali atau keperluan untuk mereka menghias pura. Patung berhias uang kepeng, dulang dulang cantik dihias emas atau perak ditawarkan dengan harga beragam di banjar Sebatu ( salah satu bagian dari desa Sebatu). Penutup sesajen yang berwarna warni dan dihias dengan mote juga banyak diproduksi. Jadi, bagi yang ingin memperbaharui perangkat bersembahyang, boleh mengunjungi desa ini untuk mendapatkan banyak barang dengan harga miring.

Desa Gelgel

Terletak di Kabupaten Klungkung, desa Gelgel adalah salah satu tempat dari peradaban orang bali dan kerajaan Klungkung yang terkenal. Desa Gelgel memiliki Pura Dasar Bhuana, salah satu pura penting dan berfungsi sebagai alat pemersatu berbagai lapisan masyarakat Bali. Di pura ini terdapat pemujaan dari berbagai klan Pasek, Pande, Brahmana dan wangsa Satria klan klan yang mendominasi di Bali. Pura Megah ini bisa dikunjungi dengan memakai pakaian sopan untuk sekedar mengambil foto ataupun apabila kita ingin melakukan puja.

Dekat dengan lokasi pura, kita akan mendapati UD. Dians yang merupakan penampung dari kerajinan tenun dan songket Klungkung yang tersohor.Di gerainya yang kecil, kita bisa memilih kain berwarna warni yang dibuat banyak pengerajin. Setiap haroi dari jam 10 pagi sd 6 sore, kita juga bisa menyaksikan proses pembuatan kain dengan cara cagcag yang dilakukan oleh beberapa pengerajin yang memproduksi disana. Kebanyakan pengerajin membuat kain atau berproduksi di rumah karena keterbatasan tempat. Satu lembar kain songket dengan motif klasik denagn benang emas tidak full dijual dengan harga hanya 600 an ribu. Atau, kain destar ( pengikat kepala yang dipakai oleh orang Bali untuk sembahyanmg ataupun upcara data lain ) dijual hanya denag harga Rp 150 an. Jadi, kalau ada waktu tur ke daerah timur sempatkan singgah di gerai kecil ini dan dapatkan kain kain indah yang juga bisa dipakai oleh bapak Presiden juga.

Desa Batubulan

 



Desa ini adalah desa yang dikenal dengan tari Barong yang dipentaskan tiap hari yaitu pada jam 09:30 pagi . Tari Barong memakan waktu satuu jam dengan harga tiket Rp. 80 ribu per orang. Selain tarian ini, didesa Batubulan juga terkenal denagn kerajinan yang terbuat dari batu atau pun dari paras. Patung patung yang dibuat banyak mengambil bentuk bentuk Buddha, Ganesha ataupun bentuk lain. Ukurannya juga bervariasi. Di kios Ibu Jiwi di Jalan Seraya Singapadu, patung kecil kecil ditawarkan dari harga puluhan ribu sampai jutaan. Untuk oleh oleh atau yang senang dengan barang barang kecil untuk souvenir, cocok untuk mampir disini. Tidak penting apabila kita gak ngerti seni karena patung patung ini juga bisa dijadikan hiasan meja saking kecil dan lucunya. Jadi, nhilangkan kesan “ berat “ apabila memikirkan tentang kerajinan dari “ batu” dan nikmati window shopping anda juga.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar