Wednesday, February 3, 2016

PROVINSI JAWA BARAT IBUKOTA BANDUNG

  Wednesday, February 3, 2016
Jawa Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia. Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Bagian barat laut provinsi Jawa Barat berbatasan langsung dengan Provinsi DKI Jakarta, ibukota negara Indonesia. Pada tahun 2000, Provinsi Jawa Barat dimekarkan dengan berdirinya Provinsi Banten, yang berada di bagian barat. Provinsi Jawa Barat berada di bagian barat Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di barat. Kawasan pantai utara Jawa Barat merupakan dataran rendah. Di bagian tengah merupakan pegunungan, yakni bagian dari rangkaian pegunungan yang membujur dari barat hingga timur Pulau Jawa. Titik tertingginya adalah Gunung Ciremay, yang berada di sebelah barat daya Kota Cirebon. Sungai-sungai yang cukup penting adalah Sungai Citarum dan Sungai Cimanuk, yang bermuara di Laut Jawa. Sebagian besar penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda, yang bertutur menggunakan Bahasa Sunda. Di sepanjang pesisir utara, dituturkan Bahasa Cerbon, yang mirip dengan Bahasa Jawa dialek Tegal.


PROVINSI JAWABARAT

Sumber Data Jawa Barat dalam Angka Tahun 2015 menyajikan informasi statistik tahun 2014 dan sebelumnya. Informasi yang dicakup dalam buku ini bersumber dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta di Jawa Barat, termasuk informasi hasil dari sensus dan survei yang dilaksanakan oleh BPS Provinsi Jawa Barat.


 

Pakaian Adat Jawabarat 


Jawa barat Ibukota Bandung

Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawabarat

Kab. Bogor, Kab. Sukabumi,  Kab. Cianjur,  Kab. Bandung,  Kab. Garut,    Kab. Tasikmalaya, Kab. Ciamis,  Kab. Kuningan,  Kab. Cirebon,  Kab. Majalengka,  Kab. Sumedang,  Kab. Indramayu,  Kab. Subang,  Kab. Purwakarta, Kab. Karawang,  Kab. Bekasi, Ko. Bogor,  Ko Sukabumi,  Ko. Bandung,  Ko. Cirebon,  Ko. Bekasi,  Ko. Depok,  Ko. Cimahi, Ko. Tasikmalaya,  Ko. Banjar

 

Objek Wisata Jawabarat

Objek Wisata di Bandung


Wisata Kesenian Tradisional

Wisata Kuliner Jawa

Masih banyak lagi yang penulisa belum sertakan mudah-mudahan denganberjalannya waktu semua tertulis di sini, terimakasih sudah mengunjungi web kami, Wilujeng Sumpingkasadayana.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar