Wednesday, February 3, 2016

Apa yang menarik di Taman Wisata Alam Bangko Bangko ?

  Wednesday, February 3, 2016

Dikawasan yang terletak di ujung semenanjung barat daya Pulau Lombok ini terdapat pantai yang menarik untuk kegia tan surfing. Nusa Tenggara Barat selain Bali dan pulau – pulau l ainnya di Indonesia merupakan alternatif wisatawan manca nega ra berselancar. Ombak Pantai Bangko-bangko yang relati f memanjang dan sambung menyambung dipilih bagi para pemula untuk berselancar, sementara jarak yang relatif dek at dengan Nusa Penida memudahkan wisatawan mencapai kawasan i ni. Di sudut lainnya, wisatawan kerap mengunjungi pantai B angko Bangko untuk menyelam menikmati keindahan bawah lau t pantai Bangko Bangko.

Selain wisata pantai, TWA Bangko Bangko juga memili ki hutan yang ditujukan bagi wisata trekking dan sejarah. Hutan Taman Wisata Alam Bangko Bangko termasuk dalam tipe ekosi stem hutan pantai dan hutan musim dataran rendah serta h utan mangrove. Vegetasi pantai Bangko Bangko terdiri dari jenis antara lain Biduri (Calothropus gigantea), Pandan Laut (Pandanus sp). Jenis tumbuhan yang dapat dijumpai di bentang hutan musim dataran rendah diantaranya Bajur ( Pterospermum javanicum), Kesambi (Schleicera oleosa), Waru (Hibiscus tiliaceus), sedangkan pada vegetasi mangrove dapat dijumpai jenis-jenis a ntara lain Rhizophora mucronata, Rhizophora stylosa, Ceriops tagal.

Berjalan memasuki kerimbunan hutan tepi tebing dapa t dijumpai sisa – sisa peninggalan jaman panjajahan Jepang ber upa puing – puing benteng pemantau pertahanan Jepang lengkap de ngan meriamnya.
Melangkah menuju belukar hutan Bangko Bangko atau d i tepi pantainya dapat dijumpai aneka satwa antara lain Ayam Hutan (Gallus sp), Elang Bondol (Haliastur indus), Koakiau (Philemon buceroides), Raja Udang (Halcyon sp), Kirik-kirik Australia (Merops ornatus) dan Elang Laut (Heliaeetus leucogaster), dan jika anda beruntung disepanjang perjalanan akan anda temukan kupu-kupu langka dilindungi Troides helena.



Sarana dan prasarana penunjang wisata alam di dalam dan sekitar Taman Wisata Alam Bangko Bangko


Sarana prasarana wisata alam di dalam kawasan berup a Pondok Kerja dan jalan yang dapat dilalui mobil. Sedangka n hotel/ penginapan terdekat dengan TWA Bangko Bangko adalah sebagai berikut :
  • Hotel Aman Gati, Dusun Labuhan poh Desa Batu Puti h Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, hotel i ni berjarak sekitar 1 km dari TWA Bangko Bangko.
  • Hotel Palm Beach Garden, Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, hotel ini berjara k sekitar 11 km dari TWA Bangko Bangko
  • Hotel Bola-Bola Paradise, Desa Pelangan, Kecamata n Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, hotel ini berjara k sekitar 11 km dari TWA Bangko Bangko
Para peselancar yang datang ke pantai Bangko Bangko tinggal di rumah-rumah penduduk di sekitar pantai dengan fasil itas yang minim.

Bagaimana anda mencapai Taman Wisata Alam Bangko Bangko?

  • Bandara Selaparang Mataram – Sekotong –  Bangko  Bangko: jarak yang ditempuh ± 70 km menggunakan kendaraan darat dengan waktu tempuh ± 2 jam. Dapat menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan dan jika hendak menggunakan kendaraan reguler naik dari Term inal Bertais ke terminal Lembar (± 45 menit), kemudian dari terminal Lembar naik ke jurusan Labuhan Poh (dekat kawasan TWA Bangko Bangko) dengan waktu tempuh ± 2 jam, lebih lama daripada kendaraan pribadi karena kendaraan reguler sering menaikkan dan menurunkan penumpang.
  • Bali (Pelabuhan Padang Bay) – Pelabuhan Lemb ar dengan menggunakan kapal ferry selama 4 jam atau kapal cep at Mabua Express dari Tanjung Benoa Bali selama ± 1,5 jam.
  • Pelabuhan Lembar – TWA Bangko Bangko menggunakan kendaraan darat selama ± 1,5 jam atau dapat menggun akan kendaraan reguler

Sejarah Kawasan

Taman Wisata Alam Bangko Bangko ditetapkan berdasar kan SK. Menhut No. 664/Kpts-II/92 tanggal 1 Juli 1992 mempunyai luas 2169 Ha. Menurut administrasi pemerintahan Taman Wisata Alam Bangko-bangko terletak di Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok
Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Secara astronomis Taman Wisata Alam Bangko-bangko terletak pada 8 o20’10” – 8o23’00” LS dan 116o00’00” – 116o04’03” BT.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar