Tuesday, January 12, 2016

BATIK BANTEN (Batik Indonesia, Banten)

  Tuesday, January 12, 2016
BATIK BANTEN (Batik Indonesia, Banten). Batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang telah diwariskan selama berabad-abad. Batik Indonesia pun telah mendapat pengakuan dan hak paten dari UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Di Indonesia terdapat berbagai corak batik sesuai dengan kekhasan wilayah masing-masing. Salah satu corak batik Indonesia berasal dari wilayah banten atau yang dikenal dengan sebutan batik banten.

BATIK BANTEN (Batik Indonesia, Banten)

Batik banten adalah batik yang berasal dari Provinsi Banten. Pada masa lalu banten merupakan pusat kerajaan pemerintah islam Kesultanan Banten yang telah mewarisi berbagai benda-benda kuno yang mempunyai ragam khas dan unik. Dari peninggalan tersebut masyarakat banten terinspirasi untuk membuat batik khas dengan corak banten. Batik ini kaya akan muatan filosofi yang mengandung arti dalam setiap motif yang diambil dari toponim.

Batik banten memiliki identitas tell story (motif bercerita) meiliki khas tersendiri. Beberapa motif batik diambil dari benda-benda sejarah (artefak), gerabah, dan nama-nama panembahan kerajaan Banten seperti Aryamandalika, Sakingking, dan lain sebagainya. Pada setiap batik banten mengandung warna abu-abu yang mencerminkan daerah Banten.

Kini batik banten justru kurang familiar ditelinga masyarakat Indonesia disbanding batik dari daerah lainnya. Kepopuleran batik banten kian menyusut dengan adanya globalisasi, serta pemahaman dan pengetahuan masyarakat yang kurang. Kami pun menyusun makalah ini bertujuan untuk mengenal serta memahami secara mendalam tentang sejarah dan keragaman  batik banten. Tugas mempopulerkan batik banten merupakan kewajiban kita semua, khususnya masyarakat banten, agar suatu hari nanti anak cucu kita akan memahami serta menjaga kelestarian batik banten sebagai salah satu warisan budaya yang tak lekang dimakan zaman.

Sejarah Singkat Batik Banten
Sisa dari pusat kerajaan pemerintah Islam Kesultanan Banten telah mewarisi berbagai benda-benda kuno yang mempunyai ragam khas dan unik. Lewat warisan itu, masyarakat dapat mengukir karya-karya unggulan sebagai bekal cipta anak cucu di tanah Banten.

Berbagai kajian pemanfaatan ragam hias khas Banten telah ditransformasikan dan didesain ke dalam media kain katun dan sutra yang disebut batik Banten. Batik Banten ini motifnya memiliki cerita, memuat keagungan makna, dan mengalahkan kelembutan sutra. Batik ini kaya akan filosofi yang mengandung arti dalam setiap motif yang diambil dari toponim. Inilah tatanan aset  yang menjadi ciri khas batik Banten tersebut. Batik banten itu telah masuk di kancah internasional, bukan karena bentuk dan tatanananya saja, melainkan juga karena ciri khas yang dimiliki.

Sejak dipatenkan tahun 2003, batik Banten telah mengalami proses panjang hingga akhirnya diakui di seluruh dunia. Batik Banten dipatenkan setelah ada kajian di Malaysia dan Singapore yang diikuti 62 negara di dunia. Batik Banten mendapatkan predikat terbaik se-dunia. Setelah ada himbauan pada 5 juni hari batik sedunia, Banten menjadi batik pertama yang punya hak paten di UNESCO. Bahkan kini Batik Banten telah berkembang ke berbagai mancanegara.

Batik Banten memiliki identitas tell story (motifnya bercerita) memilki khas tersendiri ketimbang batik lain. Beberapa motifnya diadopsi dari benda-benda sejarah (artefak). Di setiap motif terdapat warna abu-abu yang konon menjadi cermin Banten. Semua batiknya mengandung muatan filosofi. Batik Banten memilki ciri yang khas dan unik karena di samping setiap motifnya bercerita sejarah, juga berasal dari benda-benda peninggalan seperti gerabah dan nama-nama penembahan kerajaan Banten seperti Aryamandalika, Sakingking, dan lain-lain. 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar